Upaya untuk memberikan pelayanan cepat dan efisien di bidang administrasi kependudukan, terutama KTP Elektronik (E-KTP) terus dilakukan. Yang terbaru Wakil Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab (plt Bupati) membuka Sosialisasi Kebijakan Administrasi Kependudukan bagi Aparatur Pemerintah Kabupaten Jombang dan Launching E KTP On Line di gedung Bung tomo pemkab Jombang, Jumat (21/9/2018). Kegiatan ini sekaligus untuk menyukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA).
Pencanangan ditandai dengan pemukulan gong oleh Plt Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab yang tak lain adalah Bupati Jombang terpilih pada periode 2018 -2023 didampingi Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Purwanto, Kepala Dispendukcapil Ahmad Syarifudin, Pimpinan Bank Jombang dan sejumah pejabat.
Plt. Bupati Jombang dihadapan para peserta sosialisasi yang terdiri dari Camat dan jajarannya, Operator Kecamatan, juga Kepala Desa mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di bidang administrasi kependudukan menuju masyarakat yang tertib, pemerintah yang efektif dan efisien, berkarakter dan berdaya saing.
Kepada para Camat, Kepala Desa dan seluruh peserta sosialisasi yang hadir, Hj. Mundjidah Wahab yang akan dilantik sebagai Bupati Jombang pada 24 September 2018 ini meminta agar gencar menyosialisasikan 4 Program Pokok GISA agar warga sadar administrasi kependudukan.
Empat program itu di antaranya program sadar kepemilikan dokumen kependudukan, program sadar pemutakhiran data kependudukan. Selanjutnya program sadar pemanfaatan data penduduk sebagai satu satunya data yang dipergunakan untuk semua kepentingan, dan program sadar melayani administrasi kependudukan menuju masyarakat yang berbahagia.
“Apa yang kita laksanakan hari ini adalah untuk menjawab keluhan masyarakat selama ini akan pelayanan E KTP, ada 4 kawedanan yang sudah dapat melayani E-KTP, yaitu Kecamatan Mojoagung, Ngoro, Ploso dan Jombang Kota,” katanya.
Ke depan, imbuh Hj. Mundjidah Wahab, seluruh kecamatan diharapkan dapat memberikan pelayanan yang sama. Seluruh pelayanan public dapat dilakukan secara on line. Jombang harus siap menuju E Government. Saat ini semuanya butuh proses. Mulai dari sosialisasi, butuh sarana prasarana yang memadai termasuk SDM untuk operator harus juga dilatih. Semuanya dalam rangka memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat dengan cepat tepat dan murah,” pungkasnya. (Humas_Kominfo)